Minggu, 15 November 2009

Fenomena Blogger Copy-Paste

Beberapa hari belakangan ini,aku mendapat banyak pesan dari rekan-rekan pembaca blog yang intinya bertanya apakah pesan tulisan yang aku tulis di blog (www.mahasiswagokil.blogspot.com) itu benar tulisanku atau hanya sekedar men-copy-paste dari blog atau situs lain...aku sempat terkejut, tapi disisi lain ada perasaan senang juga dengan pertanyaan seperti itu. setidaknya dari pertanyaan itu, secara implisit para penanya ingin mengatakan bahwa mereka tertarik dan senang membaca artikelku , walaupun di sisi lainnya mereka sedikit meragukan keaslian dari hasil karya tulisku ini. yah... mungkin dari tampangku di profil foto yang kurang meyakinkan... (-_-')

Aku cukup memahami apa yang dirasakan pembaca blog di jaman sekarang. Satu artikel tetapi banyak yang mengaku penulisnya! Hal yang luar biasa yang sempat aku temui adalah ketika aku mencoba menggunakan search engine-nya paman google, dan menemukan begitu banyak sekali artikel yang sama persis. Perbedaannya hanya pada nama penulis dan nama blognya... salah satu contoh artikel yang sempat aku baca adalah tentang cerita fenomenal Gabby dengan lagunya; Tinggal kenangan. Ternyata bukan hanya lirik lagu tinggal kenangan yang tak diketahui scara pasti penulisnya, tetapi juga artikel yang menyangkut pembahasan lirik lagu tersebut.


Ironis memang. Di tengah semakin banyaknya manusia kreatif, banyak juga manusia yang "kreatif" membajak karya orang lain tanpa memperhitungkan apa dampak negatifnya.


Salah seorang ilmuwan paling fenomenal berkata" Dari hal kecil, bisa menjadi hal yang luar biasa besar!" Mungkin kita saat ini punya pemikiran bahwa itu tindakan yang tidak berarti apa-apa. Tetapi dengan tindakan seperti itu, kita mulai menanam bibit rasa malas dalam diri kita. padahal kita akan memiliki begitu banyak buah karya ketika kita mau menjadi diri sendiri. baik dalam berpikir maupun dalam bertindak.


Bukankah kita juga sering mempermalukan negara lain ketika mereka terindikasi men copy hasil karya kita? Masih ingat jelas di ingatanku ketika masyarakat kita melakukan tindakan heroik; ingin memerangi negara tetangga malaysia karena telah men-copy hasil budaya kita. aku tidak pernah menilai bahwa tindakan itu salah, justru aku kagum setiap melihat sikap patriotisme masyarakat dalam membela bangsa, namun di sisi lain, sudahkah kita lebih baik dari mereka, sehingga kita terlalu merasa layak untuk menjadi hakim atas mereka.


Sudah saatnya kita bercermin terhadap negara negara maju yang sangat malu dengan budaya copy-paste. Negara Jepang misalnya(walaupun tidak semuanya), mereka berusaha mempertahankan budaya aslinya dengan mengembangkan budayanya sendiri.


lastly, waktunya kita kembali membuka mata kita lebar2 dengan tujuan bukan untuk melihat kesalahan pada diri orang lain saja, tetapi juga pada diri kita sendiri.


sekedar info, berikut ini ada weblog yang memuat daftar film dan sinetron yang terindikasi hasil plagiat dari film negara lain.:http://halte330.multiply.com/journal/item/12/Anti_Plagiat

0 komentar:

Posting Komentar